Cara membuat email Yahoo

Email, apa itu email??? istilah ini sering sekali kita dengar, baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Bagi sebagian orang, mungkin sudah mengerti apa itu pengertian email, tapi ada juga beberapa atau banyak orang yang belum mengerti istilah email. Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia nya Surat Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana elektronik yaitu dengan jaringan internet, dengan surat elektronik atau email seseorang dapat mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi atau file kepada seseorang yang tentunya juga memiliki email (surat elektronik) dalam waktu yang sangat singkat. Karena email ini menggunakan jaringan internet, maka alamatnya pun juga menyesuaikan dengan penyedia layanan email di internet. Contoh penyedia layanan email adalah www.mail.yahoo.com, www.mail.google.com, dll. penyedia email biasanya menyediakan dua layanan, yaitu layanan berbayar dan layanan gratis.

Di bawah ini akan dijelaskan panduan cara membuat email dari penyedia layanan email gratis, Yahoo.com:
1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuka browser, bisa kita lakukan dengan menggunakan Internet Explorer, Mozzila Firefox, tergantung pilihan kita. Setelah itu kita masukkan url nya, yakni www.mail.yahoo.com





pastikan bahwa halaman gambar yang akan muncul selanjutnya adalah seperti dibawah ini :















2. Perhatikan pada tulisan Create New Account yang terletak di kanan bawah halaman, klik pada tulisan tersebut untuk memulai proses pembuatan akun Yahoo kita, setelah kita klik tulisan tersebut, maka akan muncul halaman seperti dibawah ini :
























setelah itu tinggal kita isi data yang ada pada kolom tersebut, agar lebih mempermudah kita dalam membuatnya, dibawah ini telah dibuat contoh pengisian kolom :
























detil pengisian kolom:
A. Setelah pengisian nama, jenis kelamin,tanggal lahir, negara, biasanya akan muncul pilihan alamat email bagi kita, pilih salah satunya ( disarankan yang gampang diingat ).
B. Pada kolom Alternative Email ( optional ), boleh diisi dengan alamat email suami/ istri/ saudara/ teman dekat. Tujuan kolom ini adalah untuk menerima konfirmasi reset kata sandi, jika suatu saat kita lupa pada kata sandi email kita. Adapun untuk kolom pertanyaan rahasia ( secret question ) 1 dan 2, isi saja dengan pertanyaan yang kita gampang mengingatnya, fungsi dari kolom itu sama dengan kolom alternatif email.
C Tulis ulang kode captcha yang ada, jika kita kesulitan untuk mengartikan huruf/angka yang ada, klik pada tulisan Try a new code ( lingkaran merah pada contoh diatas, disebelah kode captcha ), kemudian tulis ulang kode baru yang didapat.

3. Apabila pengisian data telah selesai, klik kotak kuning bertuliskan Create My Account ( lihat contoh diatas ), jika pengisian formulir pendaftaran sesuai prosedur, selanjutnya akan ada  halaman konfirmasi dari Yahoo. Klik pada tulisan Continue untuk proses selanjutnya



4. Sesaat setelah itu, kita akan diarahkan pada halaman baru, yaitu dashboard email yahoo.com dari akun yang telah kita buat.


Pada halaman dashboard, terdapat beberapa menu penting untuk pengelolaan email kita pada nantinya. Adapun penjelasan dari menu menu tersebut adalah : 
Inbox : tempat email masuk
Contact : berisi daftar alamat email
Draft : berisi daftar email yang belum terkirimkan
Sent : daftar email yang telah terkirim
Spam : berisi email dari seseorang yang bersifat mencurigakan atau tidak diinginkan
Trash : tempat penampungan email email yang telah kita hapus
Dibawah ini adalah tampilan dari dashboard yang kita maksudkan


5. Ketika email yahoo ini baru dibuat, di kotak masuk email atau inbox akan ada sebuah email dari yahoo yang berisi kata sambutan atau pengenalan tentang yahoo. Untuk membuka email, klik pada Inbox, perhatikan gambar dibawah. Setelah tampil daftar email masuk, silahkan klik satu email baru tersebut.

6. Proses membuat akun email yahoo telah berhasil, sekarang kita memiliki sebuah alamat email yang tentunya nanti akan sangat bermanfaat, untuk membuat sebuah akun blog misalnya, nah, langkah terakhir adalah keluar dari dashboard email kita, klik pada tulisan Sign out, seperti pada gambar dibawah

7. Bilamana nantinya kita akan kembali menggunakan fasilitas email yang disediakan oleh yahoo tersebut, tinggal kita lakukan saja seperti pada langkah pertama, selanjutnya tinggal mengisi kolom alamat dan kata sandi, dilanjutkan dengan menekan tul;isan Sign in, namun selalu ingat, jangan pernah menconteng kotak kecil bertuliskan keep me sign in, jika kita sedang berada di warnet....berbahaya...hehehe...semoga bermanfaat, salam hangat.


ARTIKEL TERKAIT :

1 komentar:

Agar ter-index oleh mbah google, alangkah lebih baik anda gunakan Alamat Blog/Website anda, jangan lupa juga untuk klik sponsor yang ada di blog ini, siapa tau bermanfaat buat anda,terimakasih.