Senjata sniper canggih yang ada di dunia

1. Heckler & Koch G-3
 Tipe              : Senapan Tempur
Negara Asal   : Jerman
Produsen        : Heckler & Koch
Berat              : 4,41 Kg ( G3A3 )
                        4,09 Kg ( G3A4 )
Panjang          :1.026 mm ( G3A3 )
Panjang Laras : 450 mm
Peluru             : 7,62 x 51 mm NATO
Kaliber           : 7,62 mm
Mekanisme     : Blowback
Amunisi          : Magazin box 20 butir

Senapan ini sebenarnya adalah senapan serbu biasa, tetapi mempunyai fitur -fitur yang melebihi senapan serbu biasa seperti: kalibernya 7,62 x 51 mm, magasennya hanya muat 20 butir peluru saja dan terlalu berat bila dibandingkan dengan senapan serbu pada lazimnya. Selain itu jarak jangkau yang lebih jauh dari senapan serbu biasa yang berkaliber 5,56 x 45 mm NATO dan berakurasi jempolan, terlebih lagi ketika di uji coba dengan memasangkan teleskop pengintip sasaran di atasnya, hasilnya positif, G-3 mampu menghantam target plat baja dengan telak pada jarak 750 meter.

2. Remington 700
Tipe              : Senapan sniper
Negara Asal  : Amerika Serikat
Produsen       : Remington Arms
Berat             : 3,06 Kg ( bobot kosong tanpa teleskope )
Panjang         : 1.055mm
Panjang Laras: 558,8mm - 609,6mm-660,4mm
Peluru            : Bervariasi
Mekanisme    : Bolt action, Rotating bold dengan 2 lug
Amunisi         : Magazin internal isi 3,4,5,6 butir
                      peluru ( magazin eksternal untuk model
                     700 Police DM menggunakan peluru
                     308 Winchester )

Inilah salah satu senapan sniper terbaik di dunia. Dikembangkan dari keberhasilan Winchester 70, Remington 700 belakangan di pilih lagi saat AS butuh sniper baru, M24 Remington mengembangkan model 700 sejak 1962, ketika Winchester menolak permintaan Marinir AS untuk penggantian Laras. Charlos Hatchock termasuk pengguna model 700. Foto di atas adalah Winchester 70.

3. Steyr Scout
Tipe              : Senapan Sniper
Asal              : Austria
Berat            : 3,9 Kg ( 4,6 Kg dengan Teleskope )
Panjang        : 1.140 mm
Panjang laras: 650 mm
Kaliber         : 7,62 x 51 mm NATO (308 Winchester) dan 243
Amunisi        : Magazin isi 5 & 10 butir peluru

Senapan Steyr SSG (ScharfShutzenGewer 69) dikembangkan dan diproduksi oleh pabrik Steyr-Daimler-Puch, Austria (Bukan Steyr Manlincher). Secara teknis SSG-69 beroperasi dengan sistem bolt action, rotating bolt (6 lug) dengan masukan magasen. Senapan yang diberi nama SSG 69 (AKA SSG-P1) aslinya dilengkapi dengan pisir logam, dan pada versi modifikasi tidak dilengkapi pisir tersebut. Di Amerika senapan ini diberi kode M24 dan banyak digunakan oleh sniper dari Angkatan Darat Amerika (kemudian disaingi oleh Remington Model 700). Senapan  Steyr SSG kini ditawarkan dalam empat model versi militer; SSG-PI, SSG-PII, SSG-PIIK dan SSG-PIV. SSG-PI aslinya dikembangkan sebagai senapan kontra sniper, dan dilengkapi dengan synthetic stock. Memiliki laras sepanjang 660mm dilengkapi dengan pembidik logam dan pembidik teleskop standar NATO. SSG-PII versi polisi sebagai senjata sniper taktis memiliki laras sepanjang 26”, SSG-PIIK memiliki laras dengan panjang 20” (508mm). SSG-PIV di Eropa disebut SSG SD memiliki laras sepanjang 16” (406mm) dengan tambahan flash hider (peredam cahaya api saat memuntahkan peluru) dan dapat dipasangi peredam suara. Semua versi SSG dilengkapi popor dari bahan polymer.

4. L - 96 A - 1 / AWP
Tipe              : Senapan sniper
Asal              : Inggris
Produsen      : Accuracy International
Berat            : 6,5 Kg ( tanpa teleskope )
Panjang        : 1.180mm
Panjang laras: 660mm
Kaliber         : 243 Win,7,62x51mm NATO (308 Win)
                      .300 Winchester Magnum
                      .338 Lapua Magnum
Mekanisme   : Bolt action
Amunisi         : Magazin box 10 peluru
Alat Bidik      : Bidikan besi yg dapat dibongkar pasang
                       Bidikan optik mode siang dan malam

Senapan ini merupakan senapan andalan sniper Royal Army ( AD Inggris). Senapan yang punya harga sangat mahal ini termasuk senapan terbaik di kelas bolt action. Senapan ini punya kemampuan menggunakan 2 kaliber. Pertama kaliber 7,62 x 51 mm NATO dan kedua kaliber LAPUA Magnum. Untuk mengganti kalibernya cukup dengan mengganti laras dan chambernya saja maka senapan ini langsung dapat beraksi menghantam target yang 1100 meter jauhnya dengan kaliber LAPUA Magnum-nya.

5. SVD Dragunov

Tipe              : Senapan Sniper
Asal              : Rusia
Perancang     : Evgenly Fedorovich Dragunov
Berat             : 4,31 Kg ( kosong )
Panjang         : 1.225 mm
Panjang laras : 610 mm
Kaliber          : 7,62 x 54 mmR
Mekanisme    : Operasi gas
Amunisi         : Magazin box 10 butir


Dirancang untuk memperjauh jarak jangkauan regu, senapan ini tetap kuat dan tahan banting. Ini terlihat dari adanya tempat untuk pemasangan bayonet, serta bidikan besi cadangan apabila alat bidik teleskopnya rusak. Kehandalan senapan ini masih diakui, SVD adalah salah satu senapan sniper yang ditakuti tentara AS di Afganistan karena tiap sniper taliban yang bersembunyi di gunung - gunung Afgan memegangnya.Selain itu SVD Dragunov unggul di poin jarak jangkau dan akurasinya. Pelurunya bisa menghantam target pada jarak 950 meter. Kemampuan ini jelas melebihi kemampuan senapan sniper barat.

6. PSG - 1
Tipe               : Senapan Sniper
Asal               : Jerman Barat
Produsen       : Heckler & Koch GmbH
                       SEDENA ( lisensi )
Berat             : 7,2 Kg
Panjang         : 1.230 mm
Panjang laras : 650 mm
Kaliber          : 7,62 x 51 mm NATO
Mekanisme    : Roller delayed
Amunisi         : Magazin box isi 5 atau 20 butir

PSG - 1 merupakan pengganti G - 3. Senapan bersistem semi otomatis ini merupakan senapan andalan regu penembak jitu pasukan khusus AD Jerman hingga saat ini. Dengan modal peluru kaliber 7,62 x 51 mm NATO senapan ini bisa menjangkau sasaran pada jarak 850 meter tanpa kesulitan yang berarti. Kemampuan tersebut didapatkan berkat heavy barrel yang diaplikasikan pada larasnya. Sistem Heavy Barrel dapat meningkatkan akurasi karena vibrasi pada laras dapat diminimalisir. Salah satu keunikan senjata ini adalah pada saat peluru ditembakan, selongsong peluru akan keluar dari receiver, dengan jarak sampai 10 meter, hal ini cukup unik dikarenakan posisi penembak jitu dapat diketahui dari selongsong yang keluar hasil dari tembakan.

All pic from Google


ARTIKEL TERKAIT :

2 komentar:

Agar ter-index oleh mbah google, alangkah lebih baik anda gunakan Alamat Blog/Website anda, jangan lupa juga untuk klik sponsor yang ada di blog ini, siapa tau bermanfaat buat anda,terimakasih.