Berpetualang di obyek wisata cukang taneuh ( Green canyon Indonesia )


Obyek wisata di Indonesia yang satu ini termasuk unik, karena merupakan perpaduan antara wisata dan petualangan, ya, cukang taneuh, sebuah nama yang kalau diartikan adalah jembatan tanah, yang tak lain adalah jembatan penghubung dari tanah yang digunakan oleh penduduk setempat, yang terletak di atas lembah dan jurang green canyon. Adapun nama green canyon sendiri, adalah julukan yang diberikan oleh seorang warganegara perancis yang mempopulerkan obyek wisata tersebut pada tahun 1993.

Lokasi obyek wisata Green Canyon Indonesia ini tepatnya ada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang,Ciamis, Jawa Barat. Dari Kota Ciamis sendiri berjarak sekitar 130 km atau jika dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km. Adapun inti dari obyek wisata green canyon ini sebenarnya adalah aliran sungai cijulang yang berwarna kehijau hijauan, yang pada perjalanannya melewati dua buah bukit yang pada sepanjang perjalanannya menyajikan keindahan pemandangan alam, dan kemudian melewati gua yang menyuguhkan stalagtit dan stalagmit yang nampak begitu memukau.
Untuk menempuh perjalanan tersebut, para wisatawan dapat menggunakan perahu dari dermaga ciseureuh, dengan harga sewa per perahu Rp. 75.000,00. Setelah melakukan perjalanan selama kurang lebih 30 menit, pengunjung akan tiba di penghujung sungai, dari sinilah petualangan seru akan mulai terasa, melanjutkan perjalanan dengan berenang menyusuri aliran sungai, hingga akhirnya tiba di sebuah ceruk yang menyerupai sebuah goa tak beratap, dengan beberapa air terjun keci yang cukup menawan yang menghias tepian dinding.
Sungguh sebuah sensasi yang menantang, namun jangan khawatir mengenai keselamatan, di obyek wisata tersebut banyak ditemui pemandu yang memang benar benar mempunyai skill dan cukup mengenal medan. Untuk menikmati kesempurnaan indahnya wisata cukang taneuh, disarankan mengunjunginya pada musim musim kemarau, untuk menghindari tingginya debit air yang bertambah di musim penghujan.


pic by : disparbudjabar


ARTIKEL TERKAIT :

0 komentar:

Posting Komentar

Agar ter-index oleh mbah google, alangkah lebih baik anda gunakan Alamat Blog/Website anda, jangan lupa juga untuk klik sponsor yang ada di blog ini, siapa tau bermanfaat buat anda,terimakasih.