Hewan hewan yang telah punah, namun ditemukan kembali

Segala sesuatu yang terjadi, terkadang memang diluar kendali manusia, tak jauh berbeda dengan keberadaan hewan hewan unik ini, yang sempat dinyatakan sebagai hewan / satwa yang telah punah, tetapi kemudian muncul kembali setelah kurun waktu yang cukup lama. Berikut ini adalah daftar hewan yang telah dinyatakan punah, tetapi muncul kembali.

1.Petrel Bermuda ( Pterodroma cahow )
 Petrel Bermuda pernah dianggap punah selama hampir tiga abad. Pada tahun 1951, 18 pasangan ditemukan kembali berkembang biak di pulau berbatu di Castle Harbour, Bermuda.Kini, berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah kepunahan spesies ini dalam arti yang sesungguhnya,salah satunya adalah dengan menjadikan pulau tersebut sebagai cagar alam bagi habitat petrel bermuda. Meski telah menunjukkan peningkatan, namun usaha pelestarian satwa tersebut belumlah berakhir, menurut survey global, jumlah burung tersebut tak lebih dari 250 individu.


2. Chacoan Peccary (Catagonus wagneri) 
Berdasarkan ukuran, binatang ini diklasifikasikan sebagai spesies marmut terbesar, binatang yang lebih menyerupai babi dan tidak dapat dijinakkan, berasal dari benua yang berbeda.Chacoan peccary yang pertama kali dijelaskan pada tahun 1930 hanya didasarkan pada catatan fosil, dan dipercaya telah punah. Kemudian pada tahun 1975, pernyataan itu terbantahkan, setelah para peneliti dikejutkan dengan penemuan binatang ini di wilayah Chaco Paraguay. Sekarang ini ada sekitar 3.000 individu, tersebar di Gran Chaco Paraguay, Bolivia dan Argentina.

3. Coelacanth  
Coelacanth diperkirakan sudah punah sejak akhir masa Cretaceous 65 juta tahun yang lalu, sampai sebuah spesimen ditemukan di timur Afrika Selatan, di perairan sungai Chalumna tahun 1938. Sejak itu Coelacanth telah ditemukan di Komoro, perairan pulau Manado Tua di Sulawesi, Kenya, Tanzania, Mozambik, Madagaskar dan taman laut St. Lucia di Afrika Selatan. Di Indonesia, khususnya di sekitar Manado, Sulawesi Utara, spesies ini oleh masyarakat lokal dinamai ikan raja laut.Berhubungan erat dengan lungfishes dan tetrapoda, coelacanth adalah kan hidup tertua diketahui ada. Mereka dapat hidup selama 100 tahun dan berenang pada kedalaman 90-100 meter.

4. Lord Howe Island stick insect ( Dryococelus australis )
The Lord Howe stick adalah serangga yg dianggap paling langka di dunia serangga, serangga dengan panjang tubuh mencapai 15cm dan berat 25 gram ini telah dinyatakan punah sejak tahun 1930 dari habitat aslinya di Pulau Lord Howe. Hingga akhirnya pada 2001 (fenomena ini dikenal sebagai efek Lazarus),ketika kurang dari 30 individu yang hidup di bawah semak-semak, ditemukan oleh penduduk lokal pulau kecil Piramida Ball.

5. Monito del Monte ( Dromiciops gliroides )
Monito del Monte memang luar biasa ajaib,binatang bertubuh kecil berkantung dan diyakini telah punah selama 11 juta tahun. Namun pernyataan tersebut mentah setelah kembali ditemukan di rumpun bambu Chili di selatan Andes. Makhluk yang lebih erat kaitannya dengan marsupial Australia daripada Amerika Selatan yang lain, dan kemungkinan berkaitan dengan marsupial Australia yang dikenal paling awal yang hidup 55juta tahun yang lalu.

6. The Takahe ( Porphyrio hochstetteri )
The Takahe merupakan burung terbang asli Selandia Baru, dianggap punah pada 1898. Namun, setelah upaya pencarian direncanakan burung itu ditemukan kembali oleh Geoffrey Orbell dekat Danau Te Anau di Pegunungan Murchison, Pulau Selatan, pada tanggal 20 November 1948.Burung ini sangat langka,dan keberadaannya tetap terancam sampai hari ini, mengingat hanya sekitar 225 individu yang tersisa.

7. La Palma giant lizard ( Gallotia auaritae )
La Palma, Kadal Raksasa (Gallotia auaritae) adalah raksasa lacertid historis yang tinggal di pulau La Palma (Kepulauan Canary, Spanyol); habitatnya berkisar dari permukaan laut sampai ketinggian 800 m, dan diyakini telah punah selama sekitar 500 tahun. Hingga pada akhirnya ditemukan kembali ( berikut bukti foto ) pada tahun 2007.

8. Cuban Solenodon ( Solenodon cubanus )
Sejak penemuannya pada tahun 1861 oleh naturalis Jerman Wilhelm Peters, hanya 36 yang pernah tertangkap. Pada tahun 1970, beberapa pemikiran menyimpulkan bahwa Solenodon Kuba telah punah, karena tidak ada spesimen yang kembali dapat ditemui sejak tahun 1890 - 1974.Kemunculan Solenodon Kuba paling baru terlihat pada tahun 2003, menjadi binatang ke 37 yang pernah ditemui manusia,diberi nama Alejandrito, dengan berat 24 ons,kemudian dilepas lagi ke alam liar.

9. Crested Gecko ( Rhacodactylus ciliatus )
 Binatang ini adalah spesies tokek asli selatan Kaledonia Baru. Spesies ini dianggap punah sampai ditemukan kembali pada tahun 1994 saat terjadi badai tropis, seiring dengan beberapa spesies Rhacodactylus lainnya, sedang dipertimbangkan untuk status dilindungi oleh Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Terancam Punah Flora dan Fauna Liar ( CITES ).

10. Giant Palouse earthworm ( Driloleirus americanus )
 Awalnya ditemukan pada 1897, cacing raksasa ini dinyatakan punah pada 1980-an sampai tiga spesimen digali, yang paling baru pada tahun 2005. Ditemukan di negara bagian Washington Timur dan bagian Idaho, burrowers hantu ini dapat menggali sedalam 15 kaki, tumbuh hingga sepanjang 3,3 meter panjangnya, dan albino dalam penampilan.



All pic from Google


ARTIKEL TERKAIT :

0 komentar:

Posting Komentar

Agar ter-index oleh mbah google, alangkah lebih baik anda gunakan Alamat Blog/Website anda, jangan lupa juga untuk klik sponsor yang ada di blog ini, siapa tau bermanfaat buat anda,terimakasih.