Pohon unik yang mampu berpindah tempat

Socratea exorrhiza, atau sering disebut Walking Palm, adalah nama sebuah pohon yang tumbuh di hutan hujan tropis Tengah dan Amerika Selatan. Pohon yang unik ini mampu tumbuh sampai 25 meter tingginya, dengan diameter batang hingga 16 cm. Keunikan dari pohon ini dikarenakan pohon ini dapat bergeser dari tempatnya semula, semua itu disebabkan karena pergerakan akar yang mengikuti arah cahaya matahari, dimana akar yang tidak mendapatkan sinar akan mati dan kemudian digantikan oleh pertumbuhan akar yang baru.

Pada awalnya tidak ada yang mengetahui tentang kegunaan dari akarnya yang aneh itu, namun pada tahun 1961 sebuah fakta baru mengenai tanaman ini ditemukan. Sebuah pohon jenis ini tumbang karena ditimpa oleh pohon lainnya, namun beberapa hari kemudian, tumbuh akar baru di sekitar akar yang lama. Menurut penelitian, dalam tempo 1 tahun, pohon tersebut dapat bergeser dari tempatnya semula sejauh 1 meter.


All pic by Google


ARTIKEL TERKAIT :

2 komentar:

  1. Hadir pagi melihat pohon unik,salam kenal.
    Makasih infonya.

    BalasHapus
  2. SUNGGUH LUAR BIASA ,...Baru kali ini mendapatkan informasi pohon yang bisa berjalan sendiri....sungguh artikel yang sangat unik.


    salam

    BalasHapus

Agar ter-index oleh mbah google, alangkah lebih baik anda gunakan Alamat Blog/Website anda, jangan lupa juga untuk klik sponsor yang ada di blog ini, siapa tau bermanfaat buat anda,terimakasih.