Presiden dengan masa jabatan tersingkat,2 hari !!!

Lupe Rosalia de Fernandez Serrano Arteaga de Cordova (lahir 5 Desember 1956) adalah seorang politikus Ekuador yang menjabat sebagai presiden wanita pertama negara itu hanya dua hari pada tahun 1997. Dia lahir di Cuenca, Ekuador. Dia menjadi Wakil Presiden pada tahun 1996, menyusul terpilihnya Abdalá Bucaram sebagai Presiden. Pada tanggal 6 Februari 1997, Presiden Bucaram dinyatakan tidak layak untuk memerintah oleh Kongres. Arteaga dan pemimpin kongres Fabián Alarcón menjadi terkunci dalam sengketa atas siapa yang akan menggantikan Bucaram, sebagai konstitusi samar-samar tentang masalah ini. Awalnya, Alarcón dilantik dengan dukungan dari Kongres. Pada 9 Februari, bagaimanapun, Arteaga, yang bersikeras sebagai wakil presiden dia harus menjadi presiden, bukan dilantik sebagai presiden wanita pertama Ekuador. Dua hari kemudian, pada 11 Februari, dengan dukungan dari Kongres dan tentara, Alarcón dilantik lagi dan Arteaga mengundurkan diri. Arteaga terus berbenturan dengan Alarcón dan mengundurkan diri dari posisinya sebagai wakil presiden pada Maret 1998. Dia kemudian mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilu yang dilaksanakan pada Mei 1998, tetapi menerima hanya 3% suara. Arteaga adalah sekretaris jenderal Organisasi Kerjasama Amazon Perjanjian sampai tahun 2007, dan merupakan anggota dewan redaksi Encyclopædia Britannica.


Carmen Pereira (lahir 1937) adalah politikus di Guinea-Bissau. Dia menjabat tiga hari sebagai Penjabat Presiden pada tahun 1984, menjadi wanita pertama dalam peran di Afrika dan satu-satunya dalam sejarah Guinea-Bissau.


Sumber : Kaskus , wikipedia






ARTIKEL TERKAIT :

0 komentar:

Posting Komentar

Agar ter-index oleh mbah google, alangkah lebih baik anda gunakan Alamat Blog/Website anda, jangan lupa juga untuk klik sponsor yang ada di blog ini, siapa tau bermanfaat buat anda,terimakasih.