Pesona wisata Gunung Rinjani, Indonesia

Gunung rinjani merupakan obyek wisata yang termsuk paling sering dikunjungi oleh wisatawan yang mencari kepusan berpetualang di alam bebas. Terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung dengan ketinggian 3.726 meter diatas permukaan laut ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia setelah gunung Kerinci atau puncak ketiga tertinggi setelah puncak Jaya / Carstenz pyramid di Papua.

Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Gunung rinjani merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, yang terdaftar di UNESCO sebagai taman geologi di Indonesia.
 Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500 m × 4.800 m, memanjang kearah timur dan barat. Di kaldera ini terdapat Segara Anak (segara/laut, danau) seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Di Segara Anak banyak terdapat ikan mas dan mujair sehingga sering digunakan untuk memancing. Bagian selatan danau ini disebut dengan Segara Endut. Sementara di sisi timur, terdapat Gunung Baru (atau Gunung Barujari) yang memiliki kawah berukuran 170m×200 m dengan ketinggian 2.296 - 2376 m diatas permukaan laut.

Keindahan panorama gunung rinjani terbukti mampu menarik banya perhatian para wisatawan, terlebih pada bulan Juni - Agustus. Untuk menuju Gunung Rinjani, anda dapat menggunakan bus langsung Jakarta-Mataram, setelah sampai di mataram anda menuju ke desa sembalun atau bisa juga ke desa senaru menggunakan kendaraan setempat.atau menggunakan penerbangan dari Jakarta, Surabaya, dan Denpasar menuju ke bandara selaparang mataram - Lombok.






Sumber : wikipedia, all pic from Google


ARTIKEL TERKAIT :

0 komentar:

Posting Komentar

Agar ter-index oleh mbah google, alangkah lebih baik anda gunakan Alamat Blog/Website anda, jangan lupa juga untuk klik sponsor yang ada di blog ini, siapa tau bermanfaat buat anda,terimakasih.