Wisata Candi Prambanan, Indonesia

Candi Prambanan, atau sering disebut candi rara jonggrang, adalah sebuah situs purbakala yang memiliki nilai historis yang sangat tinggi. Merupakan komplek candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia, candi prambanan terletak di desa Prambanan, pulau Jawa, kurang lebih 20 kilometer timur Yogyakarta, 40 kilometer barat Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten.
Satu hal yang patut dibanggakan adalah dengan dinyatakannya candi ini sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.

Candi prambanan dibangun oleh umat hindu pada abad ke 9 masehi, sebagai persembahan dan sekaligus melambangkan ajaran trimurti, tiga dewa utama umat hindu, yang terlukis pada tiga buah candi, yakni Candi Siwa (Dewa Pelebur) di tengah,
Candi Brahma (Dewa Penjaga) di selatan, dan Candi Wisnu (Dewa Pencipta) di utara. Kemudian di depan bangunan utama ini terdapat tiga candi yang lebih kecil sebagai perlambang Wahana (kendaraan) dari Trimurti. Ketiga candi tersebut adalah Candi Nandi (kerbau) yang merupakan kendaraan Siwa, Candi Angsa kendaraannya Brahma, dan Candi Garuda kendaraan Wisnu. Keseluruhan dari ketiga candi tersebut dibangun dengan ketinggian 47 meter, dengan seni arsitektur yang sangat tinggi.
Satu hal yang cukup menarik jika kita mengunjungi candi ini, adalah ketika kita dapat melihat dan mengikuti kisah cerita Ramayana yang reliefnya dipahatkan searah jarum jam pada dinding pagar langkan Candi Siwa dan bersambung di Candi Brahma. Sedangkan pada pagar langkan Candi Wisnu dipahatkan relief cerita Krisnayana. Memasuki Candi Utama (Candi Siwa) dari arah utara, wisatawan juga dapat melihat patung seorang putri cantik bernama Roro Jonggrang. Menurut legenda yang cukup populer di masyarakat, Roro Jonggrang adalah putri Raja Boko yang ingin dinikahi oleh Bandung Bondowoso, seorang lelaki perkasa Putra Raja Pengging. Roro Jonggrang yang tidak mencintai Bandung, berusaha menolak pinangan ini dengan mengajukan syarat agar dibuatkan seribu candi dalam satu malam.

Dengan kekuatan supranatural, Bandung menyanggupi syarat tersebut dan hampir berhasil menyelesaikan tugasnya. Roro Jonggrang yang panik, berusaha menggagalkan keberhasilan ini dengan mengerahkan para wanita desa untuk membakar jerami dan menumbuk padi sehingga suasananya berubah seperti pagi hari akibat asap yang ditimbulkan.
Mengira batas waktu yang telah ditetapkan telah berakhir, semua kekuatan supranatural yang membantu Bandung berlarian karena panik. Tak ayal, pekerjaan yang hampir selesai akhirnya menjadi terbengkalai. Kegagalan ini tentu saja membuat Bandung murka. Dan karena tidak dapat menahan amarahnya, Bandung mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah patung.
Kisah legenda tersebut secara lengkap dapat wisatawan lihat di gedung Museum yang berada di dalam lokasi Candi Prambanan. Sebab selain memiliki ruang Audio Visual yang memutarkan film selama 15 menit tentang sejarah ditemukannya Candi Prambanan hingga proses renovasi dan purna pugarnya secara lengkap, Museum ini juga memamerkan koleksi benda-benda arkeologi serta perhiasan-perhiasan peninggalan raja Mataram kuno yang ditemukan di Wonoboyo, Klaten. Satu hal lagi, di lokasi wisata ini, setiap tahunnya juga diadakan acara pagelaran pentas seni tari yang lebih dikenal dengan pertunjukan Sendratari Ramayana, yang sampai detik ini tetap mampu memikat hati para wisatawan untuk mengunjungi obyek wisata bersejarah ini.




Sumber ( Wikipedia )
All pic from Google


ARTIKEL TERKAIT :

2 komentar:

  1. wah dekat kost an ane nie gan hehehe

    dari kost ane deket tuh candi.. tinggal naik motor bentar..

    tp sayang sekarang tuh candi makin mahal aja gan hehe.. g ada diskon tuh ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,minta diskon di mall gan...ada ada za agan ne...ya mungkin biaya buat pemeliharaannya juga butuh biaya banyak gan,makanya mahal..

      Hapus

Agar ter-index oleh mbah google, alangkah lebih baik anda gunakan Alamat Blog/Website anda, jangan lupa juga untuk klik sponsor yang ada di blog ini, siapa tau bermanfaat buat anda,terimakasih.