Babak baru Indonesia, mobil listrik nasional siap diproduksi

Acungan jempol patut kita berikan untuk hasil karya anak bangsa yang satu ini, mobil listrik yang diberi nama eSemar, hasil karya dari Universitas Gajah Mada yogyakarta. Mobil listrik yang memiliki sistem transportasi rendah emisi dan disebutkan mampu menghasilkan efisiensi bahan bakar hingga 80 persen ini rencananya akan dikembangkan menjadi mobil nasional pada tahun 2015 mendatang.

Mobil listrik ini sudah mulai dijalankan tahun lalu untuk mewujudkan visi kampus, Educopolis, atau menciptakan lingkungan kondusif dan tanggap terhadap iso ekologi. "Presiden (Susilo Bambang Yudhoyono) tertarik dengan mobil listrik UGM dan ingin mengembangkankannya menjadi city car yang lebih nyaman di kancah nasional," papar Ketua Tim Pengembang Mobil Listrik Jayan Sentanuhady usai acara Peresmian Mobil Listrik Rendah Emisi, di UGM, Rabu (28/3).

Jayan menceritakan, mobil listrik UGM ini awalnya hanya berdasar konsep ekperimen. Mobil ini dikembangkan dengan komposisi 30 persen komponen lokal dan sisanya dengan komponen impor. Mobil ini tidak memiliki rem secara fisik dan menggunakan mesin AC. Berdasarkan pengakuan Jayan, tantangan mobil listrik adalah pada aki yang harganya mahal.

"Mobil ini harus di-charge berulang-ulang dan masa periodisasinya hanya dua tahun. Jarak tempuhnya pun hanya sekitar 50 km/jam," ujar Jayan.

Dalam rangka pengembangan ke produk nasional, mobil ini akan dikembangkan dengan menggunakan sistem hybrid yang memiliki tiga sumber energi, yakni baterai, solar cell, dan LPG Engine. Deep cycle battery sebagai penggerak primer utama primer dan solar cell serta CNG dedicated engine sebagai penggerak sekunder. Komponen lokal yang semula hanya 30 persen akan dikembangkan menjadi 70 persen.

Pada tahun 2012-2013 ini, pihaknya beserta perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Presiden akan melakukan riset lebih lanjut. Setelah riset, katanya, prototipe mobil akan dikembangkan dan pada 2015, mobil ini siap diproduksi massal. "Harga mobil listrik ini hampir setara dengan mobil lainnya, bisa mencapai lebih dari Rp200 juta," tambahnya.

Sementara itu, pada tahun 2013, UGM akan mengembangkan green bus dengan menggunakan sistem hybrid. Sumber energinya pun 100 persen berasal dari deep cycle accu ditambah dengan generator listrik dengan prime mover CNG Engine sebagai pendukung. Bus ini nantinya akan dirancang tanpa kaca jendela.(Olivia Lewi Pramesti)


sumber
pic by Olivia Lewi Pramesti


ARTIKEL TERKAIT :

13 komentar:

  1. wew, q dah ada Rp 65000, kurang berapa bwat pesen satu mobil diatas? :)

    BalasHapus
  2. kayaknya kalo pake listrik kurang efisien bang.
    cause katanya, listrik bakal naik.
    and kalo mau nge-icharge, pasti rumahnya bakal 5000watt :O

    btw, ane udah folback gan. thanks :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,ane sendiri juga ga begitu ngeh gan,cuman sbatas share info za,mungkin dari pihak peneliti UGM yang mengembangkan konsep mobil listrik tersebut juga telah memikirkan secara detil gan,thanks atas jejaknya gan

      Hapus
  3. Moga saja kelak mobil buatan anak negri sendiri menjadi tuan rumah dinegara kita ya bang..trims sdh dishare ya bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin..hehehe,sama sama gan,terimakasih juga atas supportnya

      Hapus
  4. semoga kreativitas anak Indonesia terus berkembang ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin,terimaksih atas kunjungan dan supportnya gan

      Hapus
  5. sisi lain kreatifitas generasi muda Indonesia...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul gan,harus didukung penuh...cintai produk dalam negeri..hehehe,thanks atas jejaknya gan

      Hapus
  6. Tunjukan kreatifitas mu Indonesia !

    BalasHapus
    Balasan
    1. singkat tapi padat,hehehe,mantap gan semangatnya,thanks atas jejaknya gan

      Hapus
  7. ni baru awal dari kreatifitas anak bangsa... jangan pernah mematikan kekreatifitasan anak bangsa!! sob lanjutkan... gw ikut doa deh... yg penting berbuat sesuatu yg terbaik dari pada duduk manis dan

    BalasHapus

Agar ter-index oleh mbah google, alangkah lebih baik anda gunakan Alamat Blog/Website anda, jangan lupa juga untuk klik sponsor yang ada di blog ini, siapa tau bermanfaat buat anda,terimakasih.