Cara membuat akun PayPal / cara mendaftar pada PayPal.

Cara membuat akun PayPal / cara mendaftar pada PayPal - Membuat akun Paypal sesungguhnya sangat diperlukan bagi kita yang memiliki hobby iseng berburu dollar melalui dunia maya, baik itu sebagai pelaku usaha, atau sebagai peserta program PTC, afiliasi, dll. Mengapa wajib membuat akun paypal? Apakah paypal itu sendiri? Pertanyaan tersebut seringkali muncul dalam benak kita yang masih belum mengetahuinya. Paypal adalah situs alat pembayaran online, atau bisa dikatakan sebagai bank online, dimana didalamnya kita bisa melakukan transaksi pembayaran secara online, dan bisa juga menerima pembayaran. Adapun alasan mengapa kita lebih memilih Paypal, semua itu dikarenakan keberadaan paypal sendiri yang memang telah dipercaya kualitasnya oleh para pelaku bisnis online, baik dari sisi keamanan maupun kenyamanannya. Berikut ini adalah cara mendaftar/membuat akun Paypal :

1. Buka browser, kunjungi Paypal.com atau klik saja disini.

2. Pada jendela halaman web yang muncul, klik tulisan Sign Up Today! / Daftar sekarang ( lihat gambar dibawah )

3. Selanjutnya akan muncul halaman baru seperti gambar dibawah ini:
Untuk kolom negara seperti pada lingkaran merah gambar diatas, ubahlah dengan Indonesia, diamkan saja kalau sudah ter-setting secara otomatis. Agar lebih memudahkan kita dalam mengikuti langkah pendaftaran selanjutnya, ubahlah pilihan bahasa menjadi bahasa Indonesia. Lanjutkan dengan memilih type/jenis akun yang kita inginkan, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut ( dikutip dari jualvcc.net )

A. TYPE PERSONAL/PRIBADI

Type akun personal sudah bisa kita gunakan untuk mengirim dan menerima uang serta melakukan penjualan dengan eBay. Dengan type personal kita sudah bisa menerima pembayaran dari akun paypal lain, namun tidak bisa menerima pembayaran dari credit atau debit card. Sedangkan kelebihan menggunakan tipe ini yaitu tidak adanya biaya/fee dalam setiap transaksi yang kita lakukan. Namun, dengan menggunakan akun type ini, akun kita memiliki batasan jumlah dalam menerima uang perbulannya. Selain itu, type personal tidak cocok untuk kita gunakan jika kita menginginkan transaksi penjualan produk dalam jumlah yang amat besar.

B. TYPE PREMIER/PRIMER

Type ini hampir mirip dengan type personal. Yang membedakan adalah dengan type ini kita bisa menerima pembayaran dari credit card, debit card dan rekening bank. Selain itu kita juga bisa menggunakan fasilitas shopping cart dan tool laporan pembayaran (payment reporting tool). Akun jenis ini cocok digunakan untuk penjual amatiran yang ingin menjual produknya secara reguler. Jika saat ini kita memiliki akun personal, kita dapat melakukan upgrade ke akun Premier.

C. TYPE BUSINESS/BISNIS

Type Akun Business cocok digunakan untuk bisnis yang berskala besar atau online store. Pada type ini kita diperbolehkan menggunakannya pada nama bisnis kita, dan menggunakan laporan dan tool eBay tanpa adanya persyaratan mengenai jenis transaksi. kita akan dikenakan biaya dalam menggunakan akun tipe ini. Jika saat ini kita memiliki akun Personal atau Premier, kita dapat melakukan upgrade ke akun Business.

PayPal tidak mengenakan biaya pada pembeli dalam mengirimkan uang ke penjual. PayPal akan mengenakan biaya kepada Anda sebagai penjual (penerima uang) sebesar 1.9% hingga 2.9% dari jumlah uang yang diterima.

Penjelasan diatas setidaknya dapat menjadi acuan bagi kita, jenis akun apa yang akan kita pilih. Namun jika kita masih merasa bingung atau tidak yakin, sebaiknya memilih type akun primer saja.


4. Setelah jenis akun kita pilih, pada jendela halaman yang baru akan muncul kolom formulir pendaftaran. Isikan data data yang diminta sesuai dengan data diri anda. Contoh gambar bisa dilihat dibawah:
Keterangan :
  • Alamat email : gunakan alamat email yang ingin kita gunakan untuk membuat akun PayPal
  • Pilih sandi : masukkan kata sandi sesuai keinginan kita, sebaiknya kombinasikan antara huruf dengan angka
  • Masukkan ulang kata sandi : tulis ulang sandi yang telah kita tulis sebelumnya
  • Nama depan : tulis dengan nama depan kita
  • Nama tengah : tulis dengan nama tengah kita, kosongi jika tidak perlu
  • Nama belakang : tulis dengan nama belakang kita
  • Tanggal lahir : tulis sesuai format, yakni tanggal, bulan, dan tahun kelahiran
  • Kebangsaan : pilih dengan status kewarganegaraan kita
  • Baris 1 alamat : isi dengan alamat tempat tinggal kita
  • Baris 2 alamat : opsional, boleh diisi dan bisa juga kita kosongi
  • Kota : isi dengan kota dimana tempat kita berada / tinggal
  • Negara bagian/provinsi/wilayah : isikan dengan domisili dimana kita berada
  • Kode pos : isikan sesuai dengan kode wilayah dimana kita tinggal / ber domisili
  • Nomor telepon ( +62 ) : isikan dengan nomor ponsel / telepon kita. Sebagai contoh, untuk nomor ponsel dengan nomor 085280815253, pada kolom yang ada kita tulis denngan format angka 85280815253
  • Nomor kartu kredit : kosongi saja
  • Tanggal kedaluwarsa CSC : kosongi saja

5. Selanjutnya anda akan dibawa menuju jendela halaman baru, contoh seperti gambar dibawah:
 masukkan angka dan huruf captcha yang ada pada kolom yang disediakan, kemudian klik " lanjutkan "

6. Pada jendela halaman baru yang nampak seperti contoh gambar dibawah, jika data alamat yang anda buat ternyata tidak sesuai format penulisannya, klik tulisan " ubah ", atau lanjutkan dengan menekan tulisan " Masuk ke Rekening Saya ". Untuk kolom nomor kartu kredit kosongi saja.

7. Kita akan dibawa menuju halaman akun paypal kita. Langkah yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah melakukan konfirmasi alamat email yang tadi kita gunakan pada saat proses registrasi / pendaftaran. Klik pada tulisan " Konfirmasi alamat email ", letak tulisan terlihat pada gambar contoh dibawah ini ( dalam lingkaran merah ).
















8. Sesaat setelah kita klik tulisan konfirmasi alamat email, kita akan dibawa menuju jendela halaman baru, contoh seperti gambar dibawah ini :

klik pada tulisan " buka rekening saya "


9. Langkah selanjutnya adalah membuka alamat email kita untuk mendapatkan kode konfirmasi.
  • Buka tab baru pada browser kita, selanjutnya buka email kita. 
  • Pada kotak masuk, buka email dari PayPal
  • Klik pada tulisan " konfirmasikan email " contoh lihat gambar di bawah


10. Sesaat setelah kita klik, kita akan dibawa menuju halaman baru, yakni halaman login dari paypal, masukkan kata sandi yang telah kita buat pada saat proses registrasi pada kolom yang telah disediakan, lanjutkan dengan menekan tulisan " Login ". Lihat contoh gambar dibawah:


11. Akun PayPal telah berhasil kita buat, tentunya dengan status belum terverifikasi, dengan kata lain akun paypal yang kita miliki masih memiliki keterbatasan, yakni :
  1. hanya sebatas menerima uang, tidak dapat mengirim.
  2. limit penerimaan ( batas saldo rekening ) tidak lebih dari $100 saja.  
  3. belum bisa mencairkan / memindahkan saldo rekening paypal ke rekening bank milik kita.
Tidak usah khawatir, untuk melakukan verifikasi kita dapat menggunakan kartu kredit atau juga VCC ( Virtual Credit Card ) yang dapat kita beli dengan harga yang terjangkau, berkisar antara 80 ribu s/d 100 ribu, dan itu cukup dilakukan 1 kali saja. Segera setelah proses verifikasi kita lakukan, maka kita dapat bebas melakukan transaksi pembelian maupun pencairan saldo, mudah bukan?.
Untuk proses verifikasi akan dibahas pada kesempatan yang lain, semoga bermanfaat, salam hangat.


ARTIKEL TERKAIT :

2 komentar:

  1. Info yang bagus dan menarik untuk dibaca, Saya suka mengunjungi blog ini.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas ide bagusnya...

    BalasHapus

Agar ter-index oleh mbah google, alangkah lebih baik anda gunakan Alamat Blog/Website anda, jangan lupa juga untuk klik sponsor yang ada di blog ini, siapa tau bermanfaat buat anda,terimakasih.