Dampak negatif akibat kurang tidur pada tubuh kita

Dampak negatif akibat kurang tidur - Tidur larut malam mungkin bagi sebagian orang bukanlah menjadi sebuah masalah yang berarti. Banyak faktor memang yang mempengaruhi / menjadi penyebab semua itu, tuntutan pekerjaan, hobby, atau lingkungan, adalah sekelumit contoh yang menjadi penyebab berkurangnya frekuensi tidur seseorang. Satu hal yang perlu kita ketahui, kualitas tidur yang normal adalah 8 jam / hari atau 2.300 jam / tahun, dimana disaat tersebut adalah saat dimana tubuh kita melakukan perbaikan. Jadi, jangan anggap enteng frekuensi waktu tidur kita, karena kualitas waktu tidur yang kurang ternyata mempunyai pengaruh negatif yang cukup besar bagi tubuh kita, seperti :

1. Kurang tidur dapat mengakibatkan seseorang lebih gampang mengalami stress.
Berdasarkan riset studi yang dilakukan oleh Universitas Chicago, kurangnya kualitas tidur seseorang yang berkelanjutan ternyata beresiko menyebabkan stress, dikarenakan peningkatan produksi kortisol / hormon stress pada tubuh mereka. Survey membuktikan bahwa seseorang yang seringkali mengalami tidur yang kurang ternyata lebih gampang terpancing emosi, susah berkonsentrasi, serta lebih sering mengalami sakit kepala.

2. Kurang tidur menyebabkan kondisi fisik lemah.
Seseorang yang kurang tidur biasanya akan terlihat nampak lebih tua, kulit yang terlihat berkeriput, pucat serta muka yang nampak lelah. Tanda lain yang mudah terlihat adalah kantung mata yang terlihat menghitam. Semua itu terjadi sebagai akibat terhambatnya produksi kolagen dikarenakan meningkatnya kadar kortisol pada tubuh.

3. Kurang tidur dapat mempermudah seseorang mengalami depresi
Kualitas tidur yang buruk biasanya akan menyebabkan pribadi yang bersangkutan lebih mudah mengalami kegelisahan, sehingga akan mempermudah terjadinya depresi, terlebih jika kualitas mental yang dimiliki relatif lemah.

4. Kurang tidur beresiko lebih mudah terserang penyakit
Bukan bermaksud untuk menakut - nakuti, akan tetapi berdasarkan riset kesehatan yang telah dilakukan, terbukti bahwa seseorang yang memiliki permasalahan kurang tidur, beresiko lebih mudah terserang penyakit kanker, jantung, hipertensi, stroke, diabetes.

Menyimak dari uraian diatas, setidaknya cukup bagi kita untuk kembali mengoreksi dan memperbaiki kualitas tidur kita masing - masing. Selalu ingat bahwasanya mencegah lebih baik daripada mengobati...
Semoga bermanfaat bagi kita semua, salam hangat.


dikutip dari berbagai sumber



ARTIKEL TERKAIT :

2 komentar:

  1. .: betul kata Bang Haji, begadang jangan begadang, kalo tiada artinya...^_^

    BalasHapus
  2. karena sering begadang nonton bola akibatnya waktu tidur saya pun jadi berkurang juga nie
    terima kasih infonya, bisa menjadi pengingat buat saya untuk memperhatikan tidur
    sukses selalu

    BalasHapus

Agar ter-index oleh mbah google, alangkah lebih baik anda gunakan Alamat Blog/Website anda, jangan lupa juga untuk klik sponsor yang ada di blog ini, siapa tau bermanfaat buat anda,terimakasih.