Cara mengobati sakit batuk ( berdahak & kering ) dengan obat tradisional/herbal

Mengobati batuk berdahak / batuk kering - Perubahan cuaca yang tidak menentu serta polusi udara yang kian parah, terutama di kota - kota besar, seringkali menjadi faktor penyebab kesehatan badan kita menjadi terganggu. Batuk salah satunya, seringkali penyakit yang satu ini kita temui dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari.

Pada umumnya, baik itu batuk berdahak maupun batuk kering, biasanya muncul dikarenakan adanya gangguan pada reseptor saluran pernafasan kita, baik itu disebabkan karena debu, lendir dan dahak, ataupun dikarenakan bakteri. Sehingga ketika hal tersebut terjadi, maka akan berakibat menjadi batuk dikarenakan lapisan syaraf pada saluran pernafasan secara refleks akan merespon secara terus menerus dan merangsang otot - otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tersebut ( debu,lendir,bakteri).

Membiasakan tubuh kita untuk mengkonsumsi obat-obatan alami / herbal memang perlu kita lakukan, setidaknya efek samping yang ditimbulkan sangatlah jauh jika dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia. Adapun untuk penyakit batuk, baik itu batuk berdahak maupun batuk kering, bahan-bahan alami yang dapat kita gunakan adalah sebagai berikut;

Obat alami untuk batuk kering :

Daun Kemangi
Daun kemangi telah diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk batuk kering.
Caranya: siapkan satu gelas air putih, masukan 2-3 lembar daun kemangi, rebus air tersebut dan munum selagi hangat.

Kunyit dan Madu
Untuk mengobati batuk kering, bisa memanfaatkan kunyit dan madu, serta bisa ditambah susu. Kunyit memiliki khasiat alami untuk menghilangkan batuk kering akibat radang pernafasan.
Caranya: Buatlah satu gelas susu kemudian tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang sudah ditumbuk halus. Kemudian tambahkan madu secukupnya. Minum 1 hari 2 - 3 kali.

Seledri dan Madu
Madu dan seledri juga dapat mengobati batuk.
Caranya: Cuci bersih 30 gr daun seledri kemudian potong-potong. Masukan potongan pada 3 gelas air yang direbus, biarkan hingga sisah 1 gelas. Minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari pagi dan sore.

Obat alami untuk batuk berdahak :

Jahe dan Kencur
Jahe memiliki kandungan anti bakteri yang cukup baik yang mampu menghilangkan dahak. Selain itu jahe juga mampu menghangatkan tubuh yang menggigil akibat gejala batuk dan demam.
Caranya: Iris jahe dan kencur tipis-tipis, di parut juga bisa. Kemudian rebus irisan tersebut peras dan ambil airnya. Minum air tersebut sehari 3 kali, atau ketika tenggorokan merasa gatal.

Jeruk Nipis
Jeruk nipis yang di campur dengan kecap sudah lama dikenal sebagai obat batuk berdahak yang alami. Anda dapat menggunakan obat ini untuk mengobati batuk berdahak. Apabila tidak suka dengan kecap maka bisa digantikan dengan madu.
Caranya: Peras jeruk nipis dan campur dengan kecap atau madu. Minum sebanyak 3 kali sehari.

Daun Sirih
Daun sirih juga banyak mengandung antibiotik yang bisa dijadikan sebagai obat batuk berdahak dan mengeluarkan dahak.
Caranya:  Rebus daun sirih yang di campur dengan sedikit jahe. Diamkan air rebusan untuk beberapa saat, minim sebanyak 1 kali sehari.

Semoga bermanfaat bagi kita semua, salam hangat

referensi : http://www.sahabatsehat.info/2013/01/obat-batuk-tradisional.html



ARTIKEL TERKAIT :

2 komentar:

  1. info yg menarik dan bermanfaat, terimakasih..

    salam.

    BalasHapus
  2. pengobatan alami memang lebih baik dari pada obat yang mengandung kimia .

    BalasHapus

Agar ter-index oleh mbah google, alangkah lebih baik anda gunakan Alamat Blog/Website anda, jangan lupa juga untuk klik sponsor yang ada di blog ini, siapa tau bermanfaat buat anda,terimakasih.