Mengenal suku asmat, Papua, Indonesia.

Suku Asmat adalah nama dari sebuah suku terbesar dan paling terkenal diantara sekian banyak suku yang ada di Papua, Irian Jaya, Indonesia. Salah satu hal yang membuat suku asmat cukup dikenal adalah hasil ukiran kayu tradisional yang sangat khas. Beberapa ornamen / motif yang seringkali digunakan dan menjadi tema utama dalam proses pemahatan patung yang dilakukan oleh penduduk suku asmat adalah mengambil tema nenek moyang dari suku mereka, yang biasa disebut mbis. Namun tak berhenti sampai disitu, seringkali juga ditemui ornamen / motif lain yang menyerupai perahu atau wuramon, yang mereka percayai sebagai simbol perahu arwah yang membawa nenek moyang mereka di alam kematian. Bagi penduduk asli suku asmat, seni ukir kayu lebih merupakan sebuah perwujudan dari cara mereka dalam melakukan ritual untuk mengenang arwah para leluhurnya.

Suku asmat tersebar dan mendiami wilayah disekitar pantai laut arafuru dan pegunungan jayawijaya, dengan medan yang lumayan berat mengingat daerah yang ditempati adalah hutan belantara, dalam kehidupan suku Asmat, batu yang biasa kita lihat dijalanan ternyata sangat berharga bagi mereka. Bahkan, batu-batu itu bisa dijadikan sebagai mas kawin. Semua itu disebabkan karena tempat tinggal suku Asmat yang membetuk rawa-rawa sehingga sangat sulit menemukan batu-batu jalanan yang sangat berguna bagi mereka untuk membuat kapak, palu, dan sebagainya.
Penduduk Asmat pada umumnya memiliki ciri fisik yang khas,berkulit hitam dan berambut keriting. Tubuhnya cukup tinggi. Rata-rata tinggi badan orang Asmat wanita sekitar 162cm dan tinggi badan laki-laki mencapai 172cm.
Satu hal yang patut ditiru dari pola hidup penduduk asli suku asmat,mereka merasa dirinya adalah bagian dari alam, oleh karena itulah mereka sangat menghormati dan menjaga alam sekitarnya, bahkan, pohon disekitar tempat hidup mereka dianggap menjadi gambaran dirinya. Batang pohon menggambarkan tangan, buah menggambarkan kepala, dan akar menggambarkan kaki mereka

Sehari-hari orang Asmat bekerja dilingkungan sekitarnya,terutama untuk mencari makan, dengan cara berburu maupun berkebun, yang tentunya masih menggunakan metode yang cukup tradisional dan sederhana. Masakan suku Asmat tidak seperti masakan kita. Masakan istimewa bagi mereka adalah ulat sagu. Namun sehari-harinya mereka hanya memanggang ikan atau daging binatang hasil buruan.


ARTIKEL TERKAIT :

5 komentar:

  1. Suku di indonesia banyak ragamnya dan menarik untuk dipelajari ... dan tentunya Bisa jadi Inspirasi Design teritama desain kaos

    BalasHapus
    Balasan
    1. ide yang bagus tuh gan, tinggal diatur design-nya pasti akan menghasilkan produk kaos yang berbeda dengan yang lainnya..terimakasih atas supportnya gan

      Hapus
  2. Komentar:
    di Indonesia terdiri dari berbagai suku yang beragam, hal inilah yang menjadikan Indonesia unik.
    disetiap suku mempunyai beberapa kepercayaan yang menurut saya masuk akal dan tidak masuk akal, ada juga kepercayaan yang bermanfaat dan tidak bermanfaat.
    kepercayaan yang masuk akal dan bermanfaat seperti di suku asmat ini misalnya, para penduduk suku asmat mempercayai bahwa dirinya adalah bagian dari alam. sehingga menyebabkan mereka sangat menghormati dan menjaga alam sekitarnya, bahkan, pohon disekitar tempat hidup mereka dianggap menjadi gambaran dirinya. hal itulah yang wajib kita contoh.
    namun ada kepercayaan yang tidak masuk akal dan tidak bermanfaat seperti para suku asmat membuat rnamen / motif yang menyerupai perahu atau wuramon, yang mereka percayai sebagai simbol perahu arwah yang membawa nenek moyang mereka di alam kematian. menuru saya itu tidak masuk akal. namun saya menghargai keadaan suku asmat yang seperti itu. dan keadaan suku-suku lain yang berada di indonesia
    Saran:
    hargai setiap keberagaman suku diIndonesia, walaupun berbeda, tapi perbedaan itu yang membuat unik. dan Disetiap suku yang ada di indonesia harus merasakan perkembangan teknologi yang ada, walaupun hanya sedikit

    BalasHapus
  3. Indonesia banyak ragam dan suku, kita harus menghargai setiap titik budaya yang ada di wilayah Indonesia dan selain itu juga kita hargai pula buadaya negara lalin karena semua itu akan membangun kepribadian yang diinginkan dalam pancasila dan slogan kita "Bhineka Tunggal Ika" (Did)

    BalasHapus
  4. di setiap kita pasti berkejolak tentang kebudayyaan apa semua mengerti dan memahami apa arti budaya ...
    dan bagaimna kita bisa menjalankannya..

    BalasHapus

Agar ter-index oleh mbah google, alangkah lebih baik anda gunakan Alamat Blog/Website anda, jangan lupa juga untuk klik sponsor yang ada di blog ini, siapa tau bermanfaat buat anda,terimakasih.